Sabtu, 20 Agustus 2022

Penyebab Pedal Kopling Mobil Keras Di Injak


    Mobil dengan transmisi manual jika di bandingkan dengan mobil transmisi otomatis kurang nyaman mobil bertransmisi manual, namun memiliki durability yang lebih baik dibanding dengan transmisi otomatis. Apalagi jika masalah kopling berat muncul, hal ini biasanya terjadi jika mobil sudah memasuki km 40.000 km ke atas setelah dipasangkannya kopling baru yakni saat unit baru dari pabrik. Hal ini tentunya wajar jika kopling mobil terasa berat malahn bisa membantu kita mengidentifikasi ketebalan kampas kopling mobil. Namun berikut ini kita akan memberikan hal yang menyebabkan kopling mobil terasa keras. Berikut ini penyebab kopling mobil terasa keras.

Baca Juga : Pintu bagasi all new terios dan rush tidak bisa dibuka

                     Penyebab pedal kopling mobil keras saat diinjak

                     Mengatasi power windows mobil tidak bisa naik turun dan amblas 

1. Matahari Atau Cover Clutch Sudah Tidak Lentur


    Jika kamu belum tahu bentuk dari matahari kopling maka kamu bisa lihat gambar di atas. Gambar diatas merupakan matahari kopling mobil grand xenia. Pada matahari kopling terdapat part bernama pegas difragma yang berbentuk bilah-bilah baja yang menlingkari matahari. Karena sering nya pemakaian kopling dan bekerja pada suhu tinggi karena part pada kopling saling bergesekkan menyebabkan pegas diafragma tidak lentur lagi.

    Hal ini tidak bisa diperbaiki karena part pada cover cluth merupakan satu kesatuan yang sudah terpasang dengan kuat. Maka jika terjadi kopling keras part ini wajib di cek dan jika memang sudah lama tidak di ganti atau belum pernah melakukan penggantian maka matahari kopling wajib di ganti dengan yang baru dan pastikan part tersebut original karena matahari kopling terpasang didalam.

2. Kampas kopling sudah menipis



    Jika kopling mobil sudah teraa keras ini juga bisa menandakan kampas kopling mobil mulai menipis. Namun hal ini bukan berarti kampas kopling harus diganti. Jika memamng kamu sudah merasa kopling terasa kera sekali maka kamu bisa menggantinya kopling satu set. Tapi pada umumnya jika kopling tingga 20% kopling baru terasa sangat kera dan bikin kaki pegel. Hal ini kamu bisa lakukan penggantian dan lagian juga kampas koplling memiliki ketebalan yang sudah tergolong tipis.

    Lalu apa analisanya, kenapa kampas kopling tipis bisa menyebabkan pedal kopling terasa berat saat di injak. Hal ini karena semakin tipis kampas kopling maka pegas diafragma akan semakin tegak lurus hal ini tentunya butuh tenaga ekstrak untuk menekan pegas diafragma. Jika kampas kopling baru maka pegas diafragma akan semakin landai atau semakin tidur rata yang menyebabkan penekanan pegas diafragma tidak terlalu keras atau pedal kopling sangat ringan di injak.

3. Kabel kobil terbakar atau tidak licin lagi




    Pedal kopling terasa keras di injak penyeab selanjutnya adalah kabel kopling yang sudah usang. Biasanya kabel kopling terbakar pada ujung yang berkaitan dengan release fork karena suhu tinggi dari kopling. Jika hal ini terjadi maka kabel kopling wajib untuk di ganti, jika tidak maka kabel kopling bisa putu karena beban yang berat pada kebel kopling.

    Lalu apa analisanya kenapa pedal kopling keras ketika di injak di sebabkan oleh kabel kopling yang sudah usang. Hal ini karena kabel kopling terbuat dari kawat baja dan didalamnya dilapisi oleh teflon sejenis plastik yang licin. Didalam kabel kopling juga terdapat grease atau gemuk untuk melumasi pergerakan dari kawat baja tadi. Sehingga dalam waktu yang lama kualitas grease berkurang sehingga pedalkopling terasa berat ketika di injak.

Saya yatno sekarang bekerja di salah satu bengkel resmi di cilacap jawa tengah, perkenankan saya untuk membagi wawasan bersama teman teman semua.