Kamis, 25 Agustus 2022

Penyebab Ac Mobil Kurang Dingin Dan Solusinya


penyebab ac mobil kurang dingin
Filter udara ac wajib di ganti


Mobil modern sekarang semuanya sudah menggunakan pendingin udara atau biasa kita sebut AC. Pada mobil ac sangat berguna untuk menyejukkan udara dan membuat suasana pada kabin menjadi sejuk karena panas pada kabin tersesap oleh sistem ac yang kemudian digantikan dengan udara yang lebih dingin.


Namun apa jadinya jika ac mobil tidak atau kurang dingin. Hal ini akan mengurangi kenyamanan saat berkendara karena udara di dalam kabin akan jadi lebih panas dari biasanya, apalagi jika kita mengendarai mobil di area perkotaan yang cenderung udaranya lebih panas. Lalu apa penyebab ac kurang dingin atau tidak dingin dan cara mengatasinya. Disini kami akan memberikan penjabaran lengkap penyebab ac mobil kurang dingin atau tidak dingin dan cara mengatasinya. 


1. Filter udara ac kotor


    Penyebab pertama ac mobil kurang dingin dan paling sering terjadi adalah filter ac yang sudah kotor. Filter ac ini berguna untuk menyaring udara sehingga debu yang terhisab akan terperangkap pada filter ac dan tidak mengotori evaporator yang cenderung letak nya ada di dalam dan susah untuk di bersihkan. Maka filter ac ini menyaring udara sehingga jika kotor maka udara yang akan di hembuskan akan menjadi berkurang yang menyebabkan ac terasa kurang dingin. 

    Kamu cukup membersihkannya saja dengan cara di pukul-pukul di lantai. Namun jika sudah kotor parah seperti gambar di atas maka sebaiknya kamu ganti saja dengan yang baru. Pastikan gunakan part yang original, karena yang kw biasanya pori nya terlalu rapat sehingga mudah tersumbat ataupun terlalu renggang sehingga kotoran mudah terlewati sehingga bisa menyumbat evaporator.

2. Kondensor kotor


    Kondensor terletak pada bagian depan radiator yang berfungsi untuk menyerap udara panas pada freon dan merubahnya menjadi cair agar mudah di kabutkan menjadi gas. Jika kondensor kotor maka proses pendinginan freon akan terhambat sehingga menyebabkan freon tidak cukup begitu dingin menyerap udara panas pada kabin kendaraan. Maka kamu perlu membersihkannya menggunakan selang air yang bertekanan. Arah semprotan dari atas ke bawah jangan menyamping nanti kisi-kisi nya rusak.

3. Blower kotor

ac tidak dingin
Penampakan blower dari bawah ada 3 baud pengikat

    Blower terletak dibawah filter udara ac. fungsinya mensirkulasikan udara yang ada di kabin kendaraan sehingga udara yang panas di serap dan di hembuskan menjadi lebih dingin. Jika blower kotor selain akan menimbulkan bunyi juga menghambat atau mengurangi kapasitas udara yang di hembuskan. Disini kamu bisa membersihkan blower sendiri dengan cara di lap pakai lap basah dan sikat gigi. 

    Letak blower dibawah laci mobil di depan kiri. Untuk mobil daihatsu gunakan obeng plus atau kunci 8 untuk melepas blower. Cabut soket dan lepas baut.

4. Evaporator kotor

aca kurang dingin
Ini udara yang kita hirup jika kotor, menjijikan 



    Evaporator terletak di bagian dalam cover sistem ac. Ada beberapa tipe mobil yang bisa dilihat dan di bersihkan tanpa perlu lepas dashboard. Namun jika tidak bisa di intip maka evaporator harus dilepas dengan cara membuka seluruh dashboard, serahkan saja pada ahlinya karena harus membuang freon. Evaporator itu yang berfungsi menyerap udara panas pada kabin sehingga jika kotor maka akan terhambat penyerapan panas pada evaporator dan udara dari blower juga akan terhambat sehingga ac terasa kurang dingin.

Saya yatno sekarang bekerja di salah satu bengkel resmi di cilacap jawa tengah, perkenankan saya untuk membagi wawasan bersama teman teman semua.