Minggu, 21 Agustus 2022

Ganti Oli Secara Rutin Kalo Tidak Mau Mobil Mu Seperti Ini

Oli mesin jadi lumpur
Mesin Daihatsu Luxio 3SZ


Oli merupakan cairan yang penting pada kendaraan, tanpa oli mesin maka kendaraan atau lebih tepanya mesin pada mobil tidak bisa bekerja dengan baik bahkan tidak bisa bekerja sama sekali. Karena setiap komponen pada mesin saling bergesekan dan menimbulkan panas yang tinggi hingga 100 derajat selsius lebih maka oli mesin wajib untuk di lakukan penggantian secara berkala. Jika tidak dilakukan penggantian secara berkala dan tepat waktu maka oli mesin kualitasnya akan semakin memburuk dan menyebabkan ke efetifitasan pelumasan berkurang bahkan hilang.


Kenapa oli mesin harus diganti berkala.


    Ingat bahwa oli mesin merupakan cairan kental yang kita tidak bisa ketahui kondisinya masih baik atau belum hanya dengan melihatnya saja. Kita bisa melihat kondisi oli mesin yang sudah tidak layak jika memang saat itu kondisi oli mesin sudah tidak layak. Karena itu lah kita tidak bisa mematok kualitas oli mesin dari hanya melihatnya saja, kita harus tetap mengganti oli mesin secara periodik dan teratur. Tentunya menggunakan oli rekomendasi dari pabrikan dan sesuap spesifikasi mesin mobil kamu.

Mobil jarang dipakai ga usah ganti oli dong?


    Banyak orang beranggapan bahwa mobil yang jarang di pakai tidak memerlukan penggantian oli mesin, karena ya itu oli mesin jarang terbakar atau bahkan kena panas terus menerus dari mesin jadi penggantian oli mesin pada kendaraan yang jarang di pakai tidak perlu di lakukan sampai kendaraan menyentuh kilometer waktu penggantian oli mesin. 

    Hal ini kurang lah tepat karena oli mesin buka hanya oli atau bahan dasar dari minyak bumi saja, di dalam oli terdapat zat kimia aditif yang berperan dalam menjaga oli mesin tetap dalam bentuknya yakni cair walaupun dalam suhu tinggi, serta menjaga oli mesin tidak berbuih saat mesin di geber pada rpm tinggi. Jika oli mesin tidak diganti dalam jangka waktu yang lama maka kualitas zat kimia yang aditif tadi akan berkurang dan hilang sehingga akan membahayakan mesin mobil.

    Hal ini tidak terasa sekarang atau dalam waktu dekat, namun kemungkinan berdampak ketika kamu sering melakukan telat ganti oli dan kemungkinan akan terasa di kemudian hari ketika kilometer kendaraan sudah tinggi. Jadi tetaplah ganti oli secara rutin dan gunakan kendaraan sewajarnya.

Apa penyebab jika oli mesin tidak di ganti tepat waktu


    Banyak penguna kendaraan khusunya mobil sering mengabaikan waktu ganti oli mesin, bahkan menunda-nundanya karena tidak ada masalah juga kalu kita tidak mengganti oli mesin. Mobil tetap bisa digunakan, mesin tidak kasar, dan kenalpot tidak ngebul jadi ga apa-apa lah ganti oli telat sampai 15.000 km atau lebih.

    Jadi begini, setiap part dan komponen mobil terpasang dengan celah yang kecil dan presisi serta menggunakan bahan logam yang baik dan tahan gesekkan. Jikalau kamu telat ganti oli seperti tadi di sebutkan, efeknya tidak akan terasa secara langsung, namun tunggu saja jika ada jalur oli yang mampat maka akan terasa akibatnya jika tidak tepat ganti oli.

    Setiap komponen pada mesin memiliki lubang oli yang berukuran kecil dan hanya bisa di lewati oleh cairan atau oli dengan kekentalan tertentu, jika oli mesin telat di ganti terus menerus maka akan ada kerak atau bahkan lumpur yang mengendap seperti gambar di bawah ini contoh nyata di bawah ini.

Contoh nyata mobil telat ganti oli hingga 25.000 KM

Oli mesin jadi lumpur
Filter oli penuh dengan lumpur


    Diatas merupakan kondisi oli mesin mobil yang sudah menjadi lumpur atau bisa di bilang coklat yang mencair. Terlihat area tempat jalannya oli dari filter oli menuju mesin tersumbat oleh oli mesin yang menjadi lumpur. Saya sering menemui kasus mobil yang seperti ini, memang dalam hal ini pada saat itu kondisi mesin masih terlihat ok dan tidak terasa kasar atau berat karena kemungkinan pada lumpur oli mesin itu masih ada sifat-sifat licin dari oli mesin. Kita juga tidak tahu kondisi sebenarnya apakah sudah ada komponen yang tergerus akibat tidak adanya pelumasan karena pada kondisi itu carter oli tidak di lepas.

Oli mesin jadi lumpur
Dibandingkan filter oli daihatsu yang baru



    Namun jika hal ini masih terjadi teres menerus dan di biarkan maka akan berdampak parah sekali pada mesin. yang harusnya ganti oli mein paling berkisar 200 ribu karena keteledoran tidak ganti oli mesin tepat waktu akan menelan biaya 15 juta untuk perbaikkan.

    Terlihat juga pada filter oli mesin yang sudah tersumbat oleh lumpur oli, hal ini luar biasa juga karena kualitas dari mesin luxio yang bandel sekali sehingga tidak mengalami kerusakkan walau sudah terdapat banyak lumpur atau lebih tepatnya oli mesinnya sudah jadi lumpur semua.

    Untuk kasus yang sebelumnya saya mendapatti mobil granmax juga dengan mesin 3SZ sama seperti luxio, dia merupakan mobil PT yang bernaung di BUMN dari baru beli unit hingga km 25.000 tidak ganti oli mesin, oli juga sama sudah menjadi lumpur tapi yang saya kaget mesin tidak atauh mungkin belum kasar, dan saya amati ketika servis berikutnya terus saya amati mesin masih ok dan belum kasar dan semoga saja tidak apa-apa.

    Untung saja kualitas mesin dari mobil daihatsu tidak abal-abal sehingga bisa mentolerir hal semacam ini, walaupun pada dasarnya semua mesin mobil tidak di desain untuk hal ini yaitu oli yang menjadi lumpur, itu mungkin masih rejekinya pengguna mobil.

Saya yatno sekarang bekerja di salah satu bengkel resmi di cilacap jawa tengah, perkenankan saya untuk membagi wawasan bersama teman teman semua.