Rabu, 24 Agustus 2022

Memperbaiki Rem Cakram Mobil Macet


rem depan macet

   Rem merupakan perangkat mekanis yang sangat penting pada kendaraan. Rem merupakan fungsi yang sangat fital bagi sebuah kendaraan, jadi rem harus dalam keadaan yang sangat prima tanpa ada kendala. Rem perlu di bersihkan dan dirawat secara rutin, namun jika perawatan rem di tinggalkan maka biasanya kita tidak mengetahui bahwa performa rem berkurang, bahkan bisa ke sampai tingkat yang sangat membahayakan orang yang menaiki kendaraan tersebut. 


    Namun jangan khawatir jika ada masalah pada rem cakram mobil kamu di sini saya akan memberikan tahu bagaimana cara memperbaiki rem mobil yang macet khususnya rem cakram. Jika kamu tidak punya budget untuk pergi kebengkel maka kamu bisa lakukan sendiri di rumah asalkan harus teliti. Berikut ini tahapan cara memperbaiki rem mobil yang macet. Disini saya akan menggunakan mobil ayla atau merek dari daihatsu untuk memperaktekannya, pada dasarnya sama saja, yang membedakan hanya kunci yang digunakannya saja dan jenis pistonya di sini kendaraan daihatsu menggunakan single piston pada rem cakram nya.


Peralatan dan bahan


  • Majun, untuk lap lap yang kotor
  • Kunci ring pas 14 untuk melepas baut caliper dan pipa rem
  • Kunci ring 8 X 10 untuk bleading rem
  • Wadah untuk minyak rem yang netes
  • Minyak rem DOT 3
  • Obeng minus sedang dan besar

Cara memperbaiki rem cakram mobil


    1. Dongkra Kendaraan


        Dongkrak bagian depan kendaraan kemudian gunakan jack stand untuk menahan kendaraan, selanjutnya putar roda depan, pastikan bagian mana yang macet. Harusnya roda bisa di putar dengan lembut. Untuk mobil matic pastikan tuas di posisi N dan roda harus tetap bisa berputar dan tidak macet atau keras. Untuk kendaraan penggerak depan putaran roda akan sedikit keras tapi pastikan roda tetap bisa berputar

    2. Identifikasi masalah


Permasalahan di both caliper yang sobek atau melar sehingga air masuk dan menimbulkan karat 


        Biasanya rem cakram yang sudah macet dan sudah lama piringan rem akan membara berwarna merah bata, namun jika macet nya barus tidak seperti itu. agas bisa tahu maka lepas baut caliper kemudian lihat pada both piston caliper. jika ada yang sobek atau bolong serta melar maka dipastikan rem macet.

Booth caliper sobek biasanya disebabkan oleh pemasangan kampas rem baru yang tidak membuang angin pada booth caliper sehingga booth terlihat melar dan akhirnya mengenai kampas rem yang panas dan pada akhirnya sobek.


    3. Lepas baut caliper


        Lepas baut caliper kemudian angkat, selannjutnya dengan mesin meyala injak pedal rem hingga piston pada caliper keluar, selanjutnya lepas baut pipa.

    4. Bersihkan caliper dan piston


rem depan macet
Area dalam yang karat sudah bersih


        Selanjutnya bersihkan part yang berkarat, bersihkan area caliper dalam yang berkarat, dan piston yang berkarat. Jika piston berkarat hingga ada lubang atau kerataanya tidak rata maka wajib di ganti. Dan juga saat membersihkan piston gunakanlah amplas 1000 atau di atasnya. Untuk membersihkan karat pada dalam kaliper gunakan amblas kasar gunakan di atas 400.

    5. Pasang part baru dan pasang


rem depan macet
Piston sudah tidak layak


        Setelah part bersih dan jika tak layak maka diganti dengan yang baru. gunakan part seal dan both yang baru, gunakan yang original agar awet. Oleskan minyak rem dan grease pada area piston dan sela karet dalam caliper kemudian pasang piston caliper dan boothnya dengan benar 


    6. Bleading rem


        Selanjutnya kamu harus beliding rem yang tadi kamu bongkar, pastikan beliding dengan benar dan pastikan juga minyak rem pada master tidak habis. Cara beliding nya dengan dua orang. Kocok rem beberapa kali kemudian di tahan, selanjutnya salah satu orang mengendurkan baur nipel dan mengencangkan lagi. Lakukan secara berkali-kali sampai semburan minyak rem yang keluar pada baut nipel mancur tanpa menyebar.


Jika kamu ragu maka bawalah ke bengkel terdekat

Saya yatno sekarang bekerja di salah satu bengkel resmi di cilacap jawa tengah, perkenankan saya untuk membagi wawasan bersama teman teman semua.