Sabtu, 20 Agustus 2022

Check Engine Sigra Dan Calya Menyala Ini penyebabnya

 Check Engine Sigra Dan Calya Menyala




    Daihatsu sigra dan toyota calya merupakan mobil yang banyak diminati oleh masyarakat bahkan pernah menjadi mobil paling laris di kelasnya. Selain harganya yang lebih murah kita juga sudah mendapatkan 7 tempat duduk seperti pada mobil LMPV. Namun beberpa tahun kemarin tepatnya di tahun 2021 banyak sekali unit sigra dan calya yang check engine nya menyala atau lamupu mil nya menyala. Biasanya daihatsu sigra yang menyala adalah yang bersmesin 1000 cc atau 1.0

    Fenomena check engine menyala terjadi ketika pada musim hujan atau saat mobil melewati genangan air. Pada saat dilakukan pengecekan dengan cara di scan muncul data seperti di atas.

1. Apkah berdampak buruk


    Untuk kasus ini tidak akan menimbulkan dampak buruk pada kendaraan atau keamanan kendaraan sigra dan calya kamu. Ketika check engine menyala yaitu biasanya setelah mobil pada bagian bawah di cuci atau terkena air makan check engine akan menyala, tapi ketika udah beberapa saat check engine akan mati, hal ini dikarenakan sistem sudah dalam kondisi normal kembali.

    Namun ketika saat check engnien menyala yang dialami olh mobil hanyalah konsumsi bahan bakar yang menjadi lebih boros sedikit sekali, hal ini karena sensor oxigen tidak bisa membaca kandungan gas buang dan tidak bisa mengkakulasikan untuk diberikan kepada kepada ECU. Jika mobil mu masih masuk masa waranty maka segera pergi kebengkel untuk di lakukan claim waranty di bengkel resmi.

2. Apa penyebabnya check engine mobil sigra calya menyala 1.0




    Hal ini terjadi karena pada sensor oksigen no 2 tepatnya pada posisi di bawah kendaraan seperti terlihat pada gambar. Karena part yang digunakan pada sensor oxigen tidak tahan terhadap panas sehingga mengakibatkan sensor oxigen memumai dan memiliki celah yang lebih lebar pada bagian kabel yang ke arah sensor oxigen, sehingga ketika terkena air maka air akan rembes masuk ke dalam rangkaian senor oxigen dan menyebabkan sensor oxigen menyala karena ada nya short sirkuit pada rangkaian tersebut.

    Maka dari itu kamu harus melakukan penggantin pada part tersebut, untuk harga sensor oxygen daihatsu sigra dan toyota calya 1.0 berkisar 500.000. Ganti lah sensor oxigen dengan memesan pada bengkel resmi yang sudah dilakukan improvmen sehingga sensor oxigen yang sudah di improvment tidak mengalami rembes air masuk ke dalam rangkaian sensor.

3. Jika tidak dilakukan penggantian sensor oxygen


    Seperti disebutkan di atas jika kamu tidak melakukan penggantian pada part ini maka tidak akan berdampak buruk pada mesin mobil daihatsu sigra atau toyota calya kamu, namun akan mempengaruhi ke konsumsi bahan bakar yang akan menjadi lebih boros dari biasanya karena pengukuran kadar gas buang yang tidak akurat. Jika air yang rembes ke dalam sensor sudah hilang dan kunci kontak di off kan kemudian di on kan maka check engine atau lampu MIL akan mati, karena sensor oxygen sudah kembali ke kondisi normal. Tetapi kodemasalah masih tetap tersimpan sebagai history seperti pada gampar paling atas tadi.

Saya yatno sekarang bekerja di salah satu bengkel resmi di cilacap jawa tengah, perkenankan saya untuk membagi wawasan bersama teman teman semua.