Minggu, 28 Agustus 2022

Cara Mengganti Kampas Rem Depan Mobil

 

cara ganti kampas rem depan mobil
Kampas rem depan original

Harin ini kami akan memberikan tutorial yang cukup penting bagi teman semua. Kampas rem pada mobil wajib diganti jika sudah menipis ke titik minimal nya. Tidak hanya kampas rem depan, kamas rem belakang juga harus di ganti jika sudah terindikasi mengalami ketipisan yang mencapai titik maksimal nya. Jika dalam keadaan darurat kamu harus ganti kampas rem sendiri di rumah maka kamu bisa membaca tutorial ini dengan seksama, agar kamu bisa mengganti kampas rem sendiri di rumah.


Alat dan Bahan


    Sebelum memulai pekerjaan sebaiknya kita siapkan alat dan bahannya terlebih dahulu, setiap mobil mungkin ada perbedaan dalam penggunaan alatnya, yang akan saya tutorialkan disini adalah mobil dengan Brand Daihatsu dan sejenisnya, jadi bisa menyesuaikan.

  • Kunci ring pas 14 untuk membuka baud kaliper
  • Obeng minus besar untuk mengungkit piston rem
  • Gemuk atau grease jenis silikon atau khusus rem untuk melumasi bagian rem
  • Lap bersih untuk mengelap bagian yang dibutuhkan
  • Pembersih rem untuk membersihkan komponen rem depan
  • Sarung tangan, bagi kamu yang takut tangan nya tergores
  • Dongkra bawaan mobil, untuk mengangkat roda
  • Kunci roda, untuk melepas roda
  • Kampas rem original, karena kalo yang KW kampas keras dan piringan nanti kemakan jadi tipis dan kurang pakem serta empuk.

Langka Cara Mengganti Kampas Rem Depan Mobil


    Setelah kamu menyiapkan semual alat dan bahannya, kamu sekarang sudah siap untuk memulai melakukan penggantian kampas rem depan pada mobil. Berikut ini tahapan nya.

Dongkrak ban


    Sebelum kamu mendongkrak ban maka kamu wajib untuk mengendurkan baud roda agar tidak kesulitan. Kendurkan baud roda secukupnya kemudian dongkrak pada bagian yang kuat dan rata, biasanya pada bodi damping bawah yang terdapt coakan 2 nya.

Lepas baud kaliper

ganti kampa rem depan mobil
Lepas baud kaliper berlawanan arah jarum jam, baud kaliper yang bawah


    Stelah kamu mendongkrak roda depan, selanjutnya lepas roda depan dan kemudian dilanjutkan lepas kaliper rem berlawanan arah jarum jam menggunakan ring pas 14. Jika sulit dilepas maka gunakan stang L di tambah sambungan panjang atau pipa dan kunci sok 14.

Lepas kampas rem bagian luar

Tarik kearah luar


    Selanjutnya lepas kampas rem bagian luar saja, dan kampas rem bagian dalam diam kan saja jangan di lepas, kemudian pasang lagi kaliper dan baud. Baudnya tidak usah terlalu kencang.


    Setelah kaliper terpasang, masukkan obeng min seperti pada gambar di atas, letakkan ujungnya di depan cakram bagian luar kemudian obeng di tarik ke arah luar kendaraan sampai kaliper bergerak maksimal. Dalam langka ini perhatikan kapasitas minyak rem, pastikan minyak rem yang ada di master atau recervoir rem tidak membludak, jika hampir penuh maka kuras saja secukupnya.

Pada langka ini jika piston rem ternyata tidak bisa bergerak karena macet biasanya karet piston sobek atau melar maka bersihkan dahulu silahkan liahat link di bawah


Cara memperbaiki rem cakram macet 


Pasang kampas kopling baru bagian dalam

Pasang kampas rem baru dalam saja dulu


    Selanjutnya lepas baud kaliper rem depan dan kemudian lepas kampas rem yang lama. Pasangkan kampas rem yang baru beserta part yang menempel pada kampas rem bagian dalam biasanya plat besi dan besi indikator ketebalan kampas. Pasangkan di kampas rem yang baru dan jangan lupa berikan gemuk pada bagian ujung kampas rem seperti pada gambar di atas ( jika di zoom maka kelihatan gemuk atau grease pada ujung bawah dan atas kampas rem ). Pasangkan dengan posisi yang benar dan jangan terbalik pastikan posisi kampas nya menempel pada cakram dan besinya ke arah luar. Jangan lupa untuk menekuk plat besi dudukan kampas rem seperti pada gambar dibawah kearah dalam agar rem tidak bunyi cetak.



Ungkit lagi dan buang angin pada karet piston


    Setelah kampas rem bagian dalam terpasang maka selanjutnya pasangkan lagi kaliper rem seperti pada cara di atas tadi, kemudian ungkit kaliper rem hingga mentok dan kampas rem baru bisa di pasang yang bagian luarnya. Setelah di ungkit sampai mentok pasang kampas rem baru yang bagian luar beserta part yang menempel pada kampas rem lama biasanya plat besi. 



    Selanjutnya berikan gemuk pada kampas rem yang baru seperti pada langkah tadi di atas. Jika sudah maka sekarang buang gelembung angin pada karet piston dengan mencungkil ringan karet piston nya dengan obeng minus, hati -  hati saat mencungkil pastikan karet tidak sobek. Cungkil pada bagian karet yang menyentuh pistonnya hingga angin keluar dan posisi karet piston lebih rendah dari pistonnya.

Karet piston sesudah di buang anginnya, karet lebih rendah dari ujung piston dan tidak telihat menggelembung


Sebelum di buang anginnya, karet terlihat mengelmebung

Jangan lupa sekalian berikan gemuk pada sliding rem


    Berikan gemuk juga pada seliding rem bagian atas dan bawah dengan gemuk secukupnya. Pastikan di lap dulu slidingnya baru di kasih gemuk yang baru, kemudian pasang kaliper rem seperti biasa dan kencangkan baud kaliper rem secukupnya. Jika sudah terpasang maka lakukan langkah yang sama pada rem yang satunya lagi. Jika semua kampas rem sudah di ganti maka jangan lupa untuk menginjak rem beberapa kali sampai pedal rem terasa keras dengan posisi mesin di hidupkan. Selesai.

Saya yatno sekarang bekerja di salah satu bengkel resmi di cilacap jawa tengah, perkenankan saya untuk membagi wawasan bersama teman teman semua.