Sabtu, 20 Agustus 2022

Bagasi All New Terios Rush Tidak Bisa Di Buka

Bagasi All New Terios Rush Tidak Bisa Di Buka


Switch bagasi all new terios dan all new rush


Semakin berkembangnya jaman maka teknologi juga semakin maju, begitu juga dengan teknologi pada mobil. Untuk unit all new terios dan all new rush tahun 2018 ke atas pada pintu bagasinya sudah menggunakan elektrik atau sudah tidak menggunakan kawat baja atau pun besi lagi, melainkan menggunakan dinamo yang bekerja dengan cara tombol pada pintu bagasi di tekan. 


Namun tidak menutup juga kemungkinan bahwa ada kerusakan pada pintu bagasi yang tidak bisa di buka. Kekurangan dari teknologi pintu bagasi yang membukanya menggunakan motor adalah jika tidak ada arus yang menuju dinamo atau lebih tepatnya saat tidak di pasang aki maka pintu bagasi tidak akan bisa dibuka karena tidak ada arus listrik yang bisa di alirkan oleh switch pintu bagasi ke dinamo pengunci pada bagasi.

selain itu juga jika ada kerusakan pada switch atau motor pintu bagasi lalu bagaimana cara membukanya, apakah haru di congkel. Tentunya tidak demikian karena pabrikan sudah memikirkan hal tersebut dan sudah menerapkan mekanisme yang lain yang akan saya jelaskan nanti di bawah. Lalu apa penyebab bagasi all new terios dan all new rush bagasi tidak bisa dibua, berikut ini paparannya sesuai dengan kejadian yang sudah sering terjadi dan saya alami :

Baca Juga : Komponen kopling mobil lengkap gambar

                     Penyebab pedal kopling mobil keras saat diinjak

                     Mengatasi power windows mobil tidak bisa naik turun dan amblas 

1. Switch berjamur karena air


    Hal pertama dan tentunya bisa kamu lakukan di rumah adalah melakukan pengecekan pada switch bagasi atau pintu belakang pada all new terios atau all new rush kamu. Kamu cukup membuka door trim pada pintu belakang dengan cara menariknya dengan di hentak. Jika switch mengalami kerusakan untuk harga nya itu Rp 2.100.000 cukup mahal jika dilihat itu hanya sebuah switch, jadi jika memungkinkan untuk di perbaiki maka lakukan perbaikkan.

    Tapi bagaimana cara membuka door trim nya sedangkan pintu bagasinya masih tertutup, nah disini saya juga akan memberitahu mekanisme rahasia yang digunakan ketika keadaan darurat saat pintu bagasi mobil tidak bisa di buka karena dinamo rusak, switch rusak atau yang lainnya. Mekanisme darurat ini terletak pada lock striker pintu bagasi, kamu tinggal masuk saja ke mobil kemudian pergi ke bagian belakang mobil dan lihat di bagian bawah ada mekanisme pengunci bagasi atau lock striker erwarna putih tepat di bagian bawah tengah pintu bagasi.

    Kemudian perhatikan pada lock striker yang berwarna putih tadi di bagian sebelah kiri, di situ terlihat ada garis atau celah, kamu buka saja dengan cara di cukil pakai obeng min atau garpu atau sejenisnya, selanjutnya geser besi yang ada di dalam ke arah kanan, sambil mendorong pintu bagasi keluar, maka pintu bagasi bisa di buka.

Jika mobil kamu masih masuk masa garansi maka segeralah pergi ke bengkel remi terdekat untuk dilakukan klaim waranty.

    Jika sudah bisa terbuka maka kamu tinggal melepas door trim pintu bagasi dengan cara di tarik saja dengan di hentak secara berurutan. Bentuk switch seperti gambar di atas coba saja kamu lepas soketnya kemudian di langsung menggunakan kabel, pada pin 1 dan 2 dari arah kiri poisi soket menghadap kamu. Jika motor bergerak maka dipastikan switchnya bermasalah. 

    Biasanya kotor dan berjamur. Kamu perlu melepas switchnya dengan cara melepas baut 10 yang ada di switch kemudian melepas plat nomer mobil. Dengan cara menarik trim pada pintu bagasi dengan keras dan hati-hati kamu tinggal ambil switch dan buka switch menggunakan obeng minus kemudian bersihkan bagian dalamnya dan ganjal pada tombolnya. Saat pemasangan kamu wajib memberikan sealer pada area yang memiliki celah agar air tidak masuk kedalam switch.

Pekerjaan ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi jika kamu merasa tidak yakin maka pergilah ke bengkel resmi terdekat unutk melakukan pengecekkan, karena kami tidak menanggung kerusakkan yang di akibatkan kamu mengikuti tutorial ini.


2. Multipex network body coumputer rusak ( ECU Body )


    Selanjutnya penyebab yang paling sering mengalami kerusakan adalah ecu body kendaraan. Untuk hal ini kamu wajib membawa ke bengkel resmi untuk melakukan pengecekkan dan jika masih masuk masa waranty maka bengkel resmi akan melakukan klain waranty. Untuk harga part ini jika tidak ditanggung garansi memiliki harga berkisar Rp 2.000.000 - Rp 3.000.000 tergantung pada tipe mobil terios dan rush kamu.

    Jika tidak diganti maka switch tidak bisa dioperasikan dan pintu bagasi tidak bisa di buka. Hal alternatif yang bisa kamu lakukan jika part tersebut terasa agak mahal adalah membeli barang copotan, namun pemasangan tetap wajib pergi ke dealer resmi, karena proses pemasangannya membutuhkan riset ulah pada ECU engin dan ECU body dan sebagainya, yang hanya bisa dilakukan oleh bengkel resmi dengan scaner bengkel resmi.



Saya yatno sekarang bekerja di salah satu bengkel resmi di cilacap jawa tengah, perkenankan saya untuk membagi wawasan bersama teman teman semua.